Hari Kesehatan Nasional Momentum Ciptakan Generasi Sehat

Bupati Temanggung H.M. Al khadziq, tengah membacakan sambutan Menteri Kesehatan dalam upacara HKN, pada Selasa (12/11/2019) di halaman Kantor Sekretariat Kabupaten Temanggung. (Foto: Pemkab Temanggung).

Temanggung – Momen Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 diharapkan dapat menciptakan generasi sehat melalui beberapa strategi dan kerja sama berbagai lembaga yang bersangkutan. Hal tersebut disampaikan Bupati Temanggung H.M. Al khadziq, yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan dalam upacara HKN, pada Selasa (12/11/2019) di halaman Kantor Sekretariat Kabupaten Temanggung.

Pada sambutan itu disampaikan peringatan HKN ke-55 ini mengambil tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul“. Disampaikan pula kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Diyakini, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa.

Dijelaskan pula Strategi Pembangunan Kesehatan yang dibangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS).

Bupati juga menyampaikan, bahwa bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

“Hal tersebut menunjukan dengan kerja bersama kita telah berhasil mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045. Kita berharap Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka saat bonus demograf nanti mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera. “ ujar Bupati dalam laman resmi Pemkab Temanggung.

Perlunya Kerja Sama Berbagai Pihak

Dilansir dari lama resmi Pemkab Temanggung, dalam isi sambutannya, Menkes juga menyampaikan momentum Hari Kesehatan ke-55 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan.

Ia juga berpesan untuk menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. Ia juga mengutarakan Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi agar turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.

Sementara itu, bupati mengajak kepada segenap jajaran petugas kesehatan untuk meningkatkan dedikasi dan profesionalisme dalam melayani kesehatan masyarakat, seperti dikutip dari laman resmi pemkab Temanggung.

Add Comment