Tingkatkan Fasilitas Kesehatan Melalui Puskesmas Ramah Anak

Peluncuran Puskesmas Ramah Anak di Puskesmas Pringsurat Temanggung untuk meningkatkan fasilitas kesehatan. (Foto: Pemkab Temanggung).

Pringsurat – Banyak inovasi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada publik yang dilakukan pemerintah dan instansi-instansi terkait. Salah satunya yang dilakukan oleh Puskesmas Pringsurat. Guna memberikan fasilitas kesehatan pada pasien khusus anak-anak dan mendukung tumbuh kembang anak, Puskesmas Pringsurat meluncurkan Puskesmas Ramah Anak.

Selain untuk menambah fasilitas pelayanan, hadirnya Puskesmas Ramah Anak diharapkan dapat mengurangi pula angka kematian bayi di kecamatan tersebut.

“Pencetusan Puskesmas Ramah Anak di kecamatan Pringsurat ini karena memang dua tahun terakhir ini angka kematian bayi dan anak di Kecamatan Pringsurat cukup tinggi, maka dengan adanya puskesmas ini angka kematian bayi semakin berkurang,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Pringsurat, dalam laman resmi Pemkab Temanggung.

Puskesmas Ramah Anak di Puskesmas Pringsurat sendiri diresmikan pada bulan September lalu. Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Temanggung, Suparjo mengungkapkan bahwa Puskesmas Pringsurat ini merupakan puskesmas ke-17 yang mendapatkan predikat Puskesmas Ramah Anak.

“Puskesmas Pringsurat ini adalah puskesmaske-17 di Kabupaten Temanggung. Masih kurang 9 puskesmaslagi. Harapannya,tahundepansemuapuskesmas di Kabupaten Temanggung akan menjadi puskesmas yang ramah anak,” terang Suparjo.

Fasilitas untuk Semua Umur

Dikutip dari laman resmi Pemkab Temanggung, Suparjo menjelaskan, dalam memberikan pelayanan kesehatan puskesmas harus meliputi semua segmen umur, dari bayi hingga lansia. Maka, perlunya ada puskesmas ramahana kini sebagai program pendukung yang memberikan kenyamanan bagi pasien anak.

Sementara Bupati Temanggung, HM Al Khadziq , berpesan untuk menjaga fasilitas anak-anak dengan baik, agar anak-anak merasa tidak takut ketika akan berobat ke puskesmas. Selain itu, pelayanan kesehatan untuk anak-anak juga harus memadahi, memperhatikan kebutuhan gizi harus diperhatikan dengan baik dan harus adanya tenaga medis yang menanganik husus bidang kesehatan anak dan balita.

Dijelaskan pula, untuk mendapat predikat sebagai Puskesmas Ramah Anak harus memenuhi beberapa komponen, di antaranya adalah masalah keamanan bagi anak-anak, adanya ruang laktasi, tersedianya cakupan-cakupan pelayanan kesehatan anak, adanya ruang bermain yang aman untuk anak, dan adanya jaminan tenaga medis yang mumpuni.

Add Comment