Foto Jaran Kepang Keluar Sebagai Juara Lomba Foto Temanggung Night Carnival

Foto jaran kepang Temanggung karya Nurhidayat Eko Warsono, yang keluar sebagai juara 1 lomba foto Temanggung Night Carnival tahun 2019. (Foto: Pemkab Temanggung)

Temanggung – Foto jaran kepang Temanggung karya Nurhidayat Eko Warsono berhasil keluar sebagai juara pertama dalam ajang lomba foto Temanggung Night Carnival tahun 2019. Pria asal Temanggung tersebut berhasil menjadi yang terbaik setelah juara dua diraih Wahyu Tri S, dari Wonosobo dengan karya foto tari soreng, dan juara tiga foto penari payung karya Gandi Murakabi dari Yogyakarta.

Kepala Bagian Humas Pemkab Temanggung, Witarso Saptono Putro diruang kerjanya Rabu (3/12) menjelaskan lomba foto diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam rangka menyambut peringatan hari jadi ke 185 Kabupaten Temanggung tahun 2019. Lomba foto diikuti 250 fotografer baik dari Temanggung maupun luar daerah seperti dari Wonosobo, Banjarnegara, Magelang, Semarang dan Yogyakarta serta dari beberapa kota lain di Jawa Tengah.

Objek foto yang dilombakan yakni penyelenggaraan Temanggung Night Carnival yang digelar beberapa waktu lalu di ruas jalan dari Kantor Kesbangpol sampai Setda Kabupaten Temanggung. Temanggung Night Carnival menyajikan hiburan berupa tari kolosal bumi perdikan yang menceritakan sejarah berdirinya Kabupaten Temanggung dari masa ke masa.

Penjurian Dilakukan Secara Ketat

Witarso juga menambahkan, banyaknya foto yang terkumpul membuat proses penjurian dilakukan dengan ketat oleh dewan juri yang sudah profesional.

“Sajian tari kolosol Bumi Perdikan inilah yang menjadi obyek bidikan para fotografer untuk diabadikan dalam karya foto yang indah dan menarik. Jumlah foto yang masuk ke meja panitia mencapai 760 buah dari 250 peserta, sehingga penilaian dilakukan secara ketat oleh dewan juri guna menentukan pemenangnya,“ ujarnya dalam laman resmi Pemkab Temanggung.

Dikemukakan untuk penjurian dilakukan 3 orang juri professional yakni Anis Efizudin (Antara foto), Fauzi Helmy (Toys fotografer) dan Abdul Malik (Foto Jurnalis). Kreteria penilaian meliputi kesesuaian tema, estetika dan pesan yang tesampaikan. Untuk penyerahan hadiah direncanakan Sabtu malam mendatang tanggal 7 Desember 2019 bersamaan dengan acara perhelatan semarak HUT ke 2 Temanggung TV di halaman studio Temanggung TV jalan lingkar Maron Sidorejo.

Add Comment