Serap Aspirasi, Kabid Penyakit Tidak Menular RI Kunjungi Temanggung

Kunjungan kerja Kepala Bidang Penyakit Tidak Menular Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, di Temangung, pada Senin (2/12/19). (Foto: Pemkab Temanggung)

Temanggung – Kepala Bidang Penyakit Tidak Menular Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Rahma, mengadakan kunjungan kerja di Temangung, pada Senin (2/12/19).

Kunjungan kerja tersebut guna memantau kawasan tanpa rokok dan menyerap aspirasi berkait revisi tentang Peraturan pemerintah nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Rombongan kunjungan kerja di terima Bupati HM Alkhadziq didampingi pejabat terkait di ruang loka bakti praja komplek kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung. Kunjungan tersebut ditempuh guna mendapatkan masukan dari Temanggung sebagai daerah penghasil tembakau, agar nantinya revisi PP tersebut bisa mengakomodir aspirasi masyarakat utamanya kalangan petani tembakau. Dengan demikian, PP tersebut bisa diterima semua pihak sehingga dalam penerapannya tidak menimbulkan gejolak.

Kebijakan Kawasan Bebas Rokok

Dilansir dari laman resmi Pemkab Temanggung, Bupati HM Al Khadziq mengatakan, Pemkab Temanggung selama ini juga memberlakukan kawasan-kawasan tertentu yang dilarang untuk merokok seperti komplek rumah sakit dan sekolahan. Sedang ditempat lain masyarakat bebas untuk merokok, hal itu selaras dengan kearifan lokal Temangung sebagai daerah penghasil tembakau yang notabene masyarakatnya banyak yang merokok kretek.

Berkait dengan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan, sangat berharap muatan revisi bisa menampung aspirasi dari daerah Temanggung. Salah satu diantaranya pada pasal muatan gambar peringatan pada kemasan rokok agar tidak terlalu besar. Selain itu hendaknya pemerintah segera memberlakukan pembatasan impor tembakau dari luar negeri.

Add Comment